Optimasi On Page SEO – Di dalam dunia SEO, kita mengenal On Page SEO dan Off Page SEO. Dalam On Page SEO berarti mengoptimasi halaman website kita agar lebih SEO friendly. Bagaimana kita mengetahui kalau website kita sudah SEO Friendly. Tentu saja ada berbagai persyaratan yang telah ditentukan oleh Google agar website kita lebih SEO.
Mulai dari nama domain kita, title website kita, navigasi/menu, desain website kita, kecepatan loading, dan lainnya. Untuk itulah disini saya akan sedikit berbagi mengenai Mengenal Cara Optimasi On Page Yang Tepat Menurut Google agar website yang kita miliki bisa memiliki nilai tambah dan nilai jual bagi para pengguna internet yang datang dari seluruh Indonesia.
Untuk Off Page SEO sendiri, berhubungan dengan backlink dari berbagai website yang ada di luar website kita. Beberapa contoh cara mencari backlink telah saya berikan di artikel-artikel sebelumnya. Silahkan anda cari sendiri.
Menurut beberapa pakar SEO, ada 200 faktor SEO yang penting untuk kita ketahui sebagai sebuah panduan dasar dalam mengenal dunia SEO. Beberapa faktor yang ada dibawah ini, memang perlu menjadi perhatian kita semua.Tak hanya sekedar penampilan website kita yang keren, namun juga ada beberapa hal yang wajib anda pertimbangkan.
Semua itu memang ada tujuannya, salah satunya adalah mendapat rangking yang cukup bagus di mesin pencari seperti Google. Dimana posisi yang bagus di mesin pencari tentu akan mendatang trafik pengunjung secara gratis dan tak terbatas. Tentu saja tergantung kata kunci yang anda terapkan ke dalam website anda.

Cara Optimasi On Page SEO
Inilah beberapa hal cara optimasi on page seo yang tepat, seperti yang saya bagikan di bawah ini :
Judul Postingan / Title Tag
Judul postingan adalah faktor SEO on page yang terpenting. keyword yang Anda targetkan sebaiknya muncul di serp dan juga menarik untuk di klik. menurut percobaan yang saya lakukan, jika judul hanya mengandung target keyword, maka ranking akan lebih tinggi di serp.
misalnya judul postingan “Optimasi On Page SEO”, maka jika ada orang yang mencari keyword di search google maka judul postingan ‘sate sapi’ rankingnya akan lebih tinggi daripada yang judulnya ‘optimasi seo blogspot 2014’. hal ini sangat dilematis, karena kita tak hanya menulis untuk search engine saja, tetapi juga untuk manusia. maka sebaiknya judul juga harus agak deskriptif dan emosional sehingga pencari di search google ingin meng klik blog Anda dari mesin pencari.
Jumlah karakter dalam judul, sebaiknya kurang dari 66 karakter. Karena jika lebih, dalam serp google, judul postingan akan terpotong oleh karakter titik titik.
Nama Domain
Jika keyword yang Anda incar sudah berada di nama domain. maka blog Anda sudah memiliki satu poin SEO yang sangat kuat. misalnya keyword yang diincar adalah sate sapi, maka robot mesin pencari akan lebih dominan melirik ke domain satesapi.com dari pada domain satekambing.com
Meta Description
Meta description adalah tulisan yang digunakan untuk menjelaskan tentang apa isi sebuah blog atau website. tulisan ini akan muncul di snippet serp sebagai penjelasan atau deskripsi sebuah blog. banyak master seo yang mengatakan bahwa meta description tidak lagi mempengaruhi ranking, tetapi menurut percobaan SEO Tools meta description masih merupakan faktor SEO on page dan bisa menentukan ranking, meskipun persentasenya hanya sedikit sekali.
Saran saya, tulislah meta description selain untuk search engine dan juga untuk pencari di internet. jika meta description tidak menarik, pencari dari google akan ragu meng klik blog atau postingan Anda di SERP. dan jika meta description tidak relevan dengan snippet search, maka bounce rate blog Anda akan menanjak naik karena tidak sesuai dengan harapan pencari di serp google. bounce rate adalah persentase angka jumlah user yang keluar dari blog atau website.
Maksimum karakter untuk Meta Description adalah 160 karakter, lebih dari itu maka tulisan di snippet search akan terpotong oleh titik-titik (…)
Meta Keyword
Menurut kebanyakan ahli SEO, meta keyword sudah tidak dipakai lagi oleh Google untuk menentukan ranking sebuah blog atau website. Tapi menurut percobaan saya, meta keyword masih merupakan faktor SEO on page sehingga masih menentukan ranking, meskipun sangat sedikit sekali persentasenya.
Header Tag H1 H2 H3 dst
Header adalah faktor SEO on page yang sangat penting. usahakan tiap postingan hanya memiliki 1 H1 yang unik, lalu dibagi beberapa H2 sebagai sub header (jika perlu), yang terdiri lagi dari beberapa H3, dan seterusnya, untuk membuat hierarki yang semantik.
Halaman yang ramah SEO
Sebisa mungkin anda hindari pemakaian flash atau iframe untuk keseluruhan halaman atau postingan blog. Google bisa membaca flash dan iframe, tapi menurutnya kedua hal itu akan sangat memberatkan bagi robot crawler. Jika postingan blog Anda disisipi video, cantumkan juga transkrip video di halaman itu agar menjadi rich content.
Link Internal
Terkadang dalam sebuah postingan akan ada sesuatu yang dibahas lebih dalam di postingan yang lain. maka jika ada kesempatan ini, usahakan untuk memakai teks anchor yang ditarget. seperti Cara Optimasi SEO On Page Yang Benar Menurut Algoritma Hummingbird lebih baik daripada menggunakan kata-kata klik di sini
Gambar Dalam Postingan
Jika di postingan Anda terdapat gambar, berilah file gambar Anda dengan nama yang deskriptif atau kaya akan keyword. misalnya beri nama gambar dengan nama “on-page-seo.jpg” daripada “image012.jpg” dan seterusnya. Berikan juga tag alt dan tag title, seperti alt=”Optimasi On Page SEO” dan title=”Optimasi On Page SEO”. Dengan memakai tag ini, gambar anda bisa dengan mudah dirayapi oleh spider.
Posisi Keyword di kode HTML Halaman
Menurut sebagian master SEO, posisi keyword di kode html akan mempengaruhi ranking. misalnya kode html halaman blog Anda isinya dari atas banyak sampah kode script, lalu menu, lalu gambar-gambar, lalu video-video, lalu isi lainnya, baru keyword di bagian ujung bawah. hal seperti ini akan sangat merugikan blog Anda. karena robot mesin pencari hanyalah membaca teks, dan itu dimulai dari kiri atas ke kanan kemudian ke bawah. kiri ke ke kanan lagi ke bawah lagi dan seterusnya.
Jumlah Link Keluar / Outbound Link
Hindarilah external link yang berlebihan di halaman blog Anda. halaman blog yang mempunyai terlalu banyak link keluar akan terlihat seperti spamming link. saran saya, jika ada link keluar yang kurang penting, pakailah kode rel=”nofollow”.
Jangan sampai di blog Anda terdapat link keluar ke blog atau website yang reputasinya buruk di mata google, contohnya link eksternal ke blog yang sudah di cap oleh google sebagai blog yang berbahaya.Website yang berbahaya contohnya yang terdapat malware, phishing, scam, dan lainnya.
Lokasi Server dan TLD (Top Level Domain)
Mesin pencari menyukai konten yang lokal karena akan lebih relevan. jika Anda mencari sesuatu dari indonesia memakai situs google.co.id, maka Google akan memprioritaskan halaman blog atau website yang berada di server yang berlokasi di Indonesia. atau jika servernya berada di luar negeri, tetapi memakai Top Level Domain Indonesia seperti .go.id .co.id .ac.id dan lainnya.
Bayangkan jika Anda mencari info restoran di Jakarta, namun hasil yang dikeluarkan oleh Google Indonesia adalah sebuah restoran yang berada di Brazil. tentunya akan sedikit mengganggu.
Kecepatan Loading
Google mempunyai visi tentang internet yang cepat, dan kecepatan loading website adalah salah satu Faktor SEO on page untuk menentukan ranking sebuah blog dan website.Jika ada 2 situs yang Faktor SEO nya seimbang, tentunya sebagai pembaca kita akan lebih memilih blog yang lebih cepat loadingnya dan loading blog yang lambat juga akan mempengaruhi bounce rate blog anda.
Responsive Theme
Sedapat mungkin gunakan theme atau template yang responsive. Template yang responsive berarti template tersebut bisa dengan mudah diakses oleh berbagai macam perangkat dengan berbagai macam ukuran screen, sehingga tak membuat sulit bagi mereka ingin ingin mengakses website anda dengan perangkat yang mereka miliki.
Bahasa Dalam Postingan
Seperti yang saya jelaskan di atas, Google menyukai situs yang sifatnya lokal. jika ada 2 blog yang faktor SEO nya seimbang, maka google akan lebih memprioritaskan blog atau postingan blog yang memakai bahasa sama persis dengan Google lokal yang dipakai untuk men search. misalnya Anda search di Google.co.id, berarti blog berbahasa indonesia lah yang akan diprioritaskan. dan pergunakanlah tata bahasa yang baik untuk dipahami pembaca, jangan menggunakan bahasa alay karena hal itu sangat menyusahkan google translate.
Bayangkan jika Anda mencari tentang rumah makan di Jakarta di Google Indonesia, lalu hasil yang keluar di SERP adalah blog atau website yang berbahasa Nigeria, Perancis, atau Jerman. tentunya browsing Anda jadi agak terganggu kan?
Kesimpulan
Itulah beberapa hal yang berkaitan tentang Cara Optimasi On Page, jika ada anda ingin menambahkan hal lainnya, silahkan berikan komentar yang terbaik yang nada miliki.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Mengenal Cara Optimasi On Page SEO.